Type something and hit enter

author photo
By On

THROW BACK TO MELODIC PUNK


Kali ini gue mau ngebahas tentang band band melodic punk yg dulu cukup terkenal lah dikalangan anak-anak muda 2000an. Ya emang sih masih segmented, tapi menurut gue pribadi sih enak banget didengerin, apalagi kalo dulu itu sambil lo mau berangkat ke sekolah pake headset , kalo gak lo terpaksa dengerin playlist mp3 kakak lo dan mau gak mau lo terpaksa hafal dan jatuh cinta sama band-band itu.

Belakangan ini sih gue emang agak random , tiba tiba di spotify gue yang gak premium itu keputer band band jaman dulu yang bener bener gue rindukan saat ini. Nada nada manja vokalis ala ala Blink 182 dipadu dengan irama irama lead gitar yang santai nan bersahaja mengingatkan gue sama band No Use For Name, NOFX, dan melodicpunk yang saat itu menjadi influence band melodic di Indonesia.

Pertama gue gak sengaja ke puter it's just another holiday dari Rocket Rockers yang tiba-tiba gue langsung senyum-senyum sendiri coz lagu ini menurut gue enak banget dan easy listening banget. Perpaduan suara Ucay dan Aska yang bener bener gue kangenin banget. Ini baru bener Rocket Rockers yang sebenernya, dan gak cuma di lagu itu aja, gue langsung cari ini albumnya di spotify,  untung ada nih album langsung aja gue puter shuflle berhubung spotify gue gak premium (hahahaha). Bener! langsung lagu pertama Tergila yang buat gue throwback ke masa SMA gue yang gak seberapa, tapi kalo diinget ya tetep biasa aja, tapi kekuatan liriknya cukup membuat kita berkhayal 'gilanya' masa putih abu abu kita. Lagu kedua keputer deh itu yang judulnya She's My Cheerleader , mengingatkan pada band-band melodic pada zaman itu yang chordnya cukup familiar di lagu lagu band melodic pada umumnya. Ketukan ketukan wajib pada drum yang destatasdestastasdesssss....... kebayang gak?? hahahaha. Cukup enjoy denger lagu ini pas buat lo yang lagi kasmaran. Jujur album ini gue jarang dengerin karena gue taunya dulu itu album pertama RR itu ya Ras Bebas. Dan pada album ini drumernya juga belum di ozomrockers. Synth juga belum ada di album ini. Lanjut ke lagu berikutnya gak salah dan gak lain Let Sleeping Dogs Lie , langsung deh gue pengen ngeband lagi denger lagu ini, so fast but you can enjoy it!! dibagian tengah ketukan drum Punk Rock pada umumnya yang..... bolehlah, dan ditutup dengan irama ala ala jazzy gitu deh. Rocket Rockers memang paling ciamik kalo disuruh ngemix berapa genre dalam satu lagu. Satu lagu terakhir sebelum ke band selanjutnya berjudul Finishkan!. Sudah kodrat band melodic punk temanya kalo gak tentang cinta, hura hura, pertemanan dan tentang motivasi kehidupan. Thats right lagu Finishkan! cocok buat lo yang lagi terpuruk dan berharap habis denger lagu ini lo balik lagi semangat. Irama ala ala SUM 41 yang rasanya lo pengen loncat loncat. mantep deh!

Bangga rasanya tau album ini dan gue bener bener rindu lagu lagu kayak gini. Gue saranin buat lo yang bosen dengerin lagu sekarang ya ini soundtrack for your life nya Rocket Rockers cocok buat nemenin lo pergi kerja apa ngampus, nyantai sambil ngerokok di motor . hahahaha!!!



Lanjut ke band berikutnya yang random ke puter Kalah nya dari Sendal Jepit. Who knows they?? bisa dibilang ini dia dedengkotnya melodic punk. Buseeettt kentel bener nuansanya Bad Religion dan No Use For Name. Bener bener gak bisa ngomong gue dengerin mereka, berbanding terbalik dengan album RR tadi yang dominan lebih fun, pas gue denegerin lagi Sendal Jepit nuansanya lebih gelap, enak buat jumpalitan nih lagu lagunya hahhaha. Kalah lebih pencampuran Punk Rock dibalut agak ada Hardcorenya di bagian intronya yang kental dengan unsur perlawanan, okelah!. Lanjut ke lagu berikutnya berjudul Cowboy, kayak lagi denegrin Dropkick Murphys enak buat sing a long. 
Langsung aja gw cari album nya si Sendal Jepit ini yang udah lama banget gak gw dengerin dan bener aja Your Face bener bener kenceng, pantes band ini disandang Bad Religionnya Indonesia, gaya lead gitarnya yang BR banget, ditambah vokalisnya Greg bangeet!! sukaa!!! . Belum puas kalo gak denger Nina dan The Sun nya Sendal Jepit. Chordnya yang ketebak banget dan enak banget.
NO COMMENT FOR THIS BAND!!! , ngebawa kita ke suasana gigs pensi pensi SMA yang hampir band lokal yang main rata rata melodic punk. Kalo gue suka kalo lo suka gak?? cocok buat lo ngerenung di kamar atas kegelisahan keadaan sekitar lo!





Selanjutnya ada dari miliknya Nudist Island........... hmmm bener bener memorable. Jadi inget tau band ini gara gara lagu Radio nya di puter di salah satu Radio swasta lokal Lampung yang dulu tiap malam minggu selalu nge play lagu lagu rock yang jujur sangat membuka wawasan gue untuk tau tau band underground Indonesia, tapi sekarang udah gak ada lagi tuh program , kayaknya radionya juga udah tutup deh hahahaha....
Lagu radio cukup mengisahkan gue banget yang dulu suka banget nunggu band band kesayangan untuk diputerin lagu nya, bahkan sampai tahan request via sms hahahaha gokil banget dah!. Cukup gampang didenger. Satu lagi yang gue suka dari Nudist Island itu nada nada yang naik turun yang buat bingung kalo mau ikutan gonjrengan , ditambah lagi ada part yang patah patah yang enak banget buat lompat sambil megang gitar kalo lagi manggung , ya gak sih? hahahaha
Overall gue suka banget apalgi yang album Can't Sleep , bener bener dewasa dan mereka bener bener tau meraciknya agar indah dan ini udah bener bener full skill sih. Ada yang tau keberadaan mereka sekarang??





Terakhir ini udah paling ngaco deh, sebenernya siapa yang gak tau lagi band ini. NOFX banget dah menurut gw dengan suara vokalisnya yang Fat Mike banget . Band yang membuat masa SMA gue suka banget meng cover band ini yang pasti narik massa banget buat pada pogo. Gak lain lagi band ini udah melekat banget dengan citra Skateboarding. Yes itu dia ROSEMARY SK8PUNK. Sampai sekarang gue juga belum bisa move on dari album Broken Boards. Inget lagu Miracle cukup familiar kalo ada band lokal sini yang cover itu lagu (padahal band gue terus yang cover hahaha) yang menceritakan tentang perjuangan cowok buat cewek yang mengahrapkan sebuah keajaiban untuk menakhlukan cewek itu. Lanjut Siti Batang yang skatepunk banget. Dari awal sampe akhir lagu ini bener bener kebut. Bercerita tentang waria yang menurut gue cukup banyol sih untuk tema sebuah lagu.kalo Rosemary sendiri lebih flat kalo buat musiknya, gak kayak band yang sebelumnya yang rata rata banyak improvisasinya, tapi gue suka banget sama Rosemary. Satu lagu lagi yang cukup memorable yaitu The Words yang dibuka dengan rada rada reagge dan langsung dihajar dengan nuansa Punk Rock yang cukup kentel dan enak banget nyanyi di lagu ini.
Rosemary mungkin lebih ke Punk Rock sih menurut gue, tapi ntah kenapa lebih pas aja menurut gue dia ke melodic punk, soalnya dari unsur lirik juga band ini lebih ke cerita kehidpan sehari hari tapi bolehlah buat lo muterin lagi band ini sekali kali sekalian nostalgia. Gue jadi inget pada zaman itu juga banyak band band di Lampung mencap kalo mereka Skatepunk! hahahahaha seru seru!!!




Sebenernya masih banyak lagi band band melodic punk lainnya yang keren keren, tapi lagi lagi menurut gue Bandung cukup produktif untuk band band melodic punknya. Gue bener bener kangen band band ini lagi, suasana gigs gigs band band melodic. Sepatu vans oldskool, celana cream chino , kemeja kotak kotak atau gak kaos kaos distro. Suasana begitu yang gue pribadi kengen ngeliat semuanya hampir seragam outfit nya, but it's have fun!!!! 
Untuk yang baca tulisan gue kalo ada salah salah review mohon dikomen di kolom bawah dan buat yang mau tau tentang band band tadi silahkan buka youtube lo banyak itu yang upload album mereka. Oke sekian ya kids!!!!