Type something and hit enter

author photo
By On

Skena underground masih sangat kerap dipandang negatif oleh kaum kaum yang tidak benar benar paham apa yang ada di dalam underground tersebut. Mabuk, berandalan, tidak bisa diatur, narkoba, kekerasan apa lagi itu yang bener bener muak gue dengernya. Pandangan negatif bener gue rasain seminggu ini, yaa di ejek ejek anak moshing.. hahaha lucu ya lingkungan kampus gue, begitu dungu pemikirannya!!!

Setelah acara tour band PETRUS asal Pekanbaru di KLUB SUMUR minggu 18 November 2018 kemarin di Bandar Lampung, gue akui itu gue sangat menikmati senggolan demi senggolan, headbanging yang bener bener enak banget (yang tau tau aja). Gue bener bener gk sadar beberapa moment terekam dengan temen (kampus) gue yang kebetulan dia lagi shoot acara itu buat jadi video recap gigs itu. Setelah beberapa saat video itu di upload temen gue di instagramnya, dan hasilnya emang gue bilang keren lah, btw temen gue itu bisa dikatakan orang yang mungkin jarang atau bahkan gk pernah dateng ke event underground. Jadi cukup amaze aja gue dia bisa nyolong gambar ditengah tengah moshpit gitu. Balik lagi ke cerita setelah video recap tadi di upload dan hasilnya otomatis diliat anak anak kampus gue dan bener bener gk nyangka aja bisa seheboh itu dan jadi bahan omongan karena ada gue di dalam video itu. 

Keesokan harinya, gue ke kampus dengan perasaan tenang tenang aja, dan bener aja tiba tiba ada nyeletuk "weeh moshing ya boy kemaren, asik lo anaknya pasti metal banget" kaget aja gue dan santai aja gue nanggepin biasa aja lah, toh juga gk ngerugiin doi.. tiba-tiba ada lagi nyamperin gue dan ngomong "acara apa kemaren itu? mabok gk?, aneh aneh ya yg dateng? kok gitu sih musiknya? aneh ya" hahaha ya gitu deh pokoknya pertanyaan yang seakan akan mencap skena underground ngeatif secara tidak langsung huftt....
Gk sampe disitu aja ada lagi pertanyaan yang lebih ekstream sih menurut gue, gini pertanyaannya, " seet moshing ayy, gk malu apa lo?" (dengan mimik yang cukup ngejek sih ini). Secara gk langsung menurut gue ini adalah sebagian kecil anggapan di masyarakat luas tentang skena bawah tanah dengan segala citra buruknya di mata kaum masyarakat yang paling suci dan benar.

Semua pertanyaan dan olok olok yang mereka lontarkan ke gue itu cukup buat gue kesal sendiri sih, terlalu mudah menjudge, sedangkan gue yakin mereka gk pernah tau apa yang ada di dalam skena ini, cuma menilai secara tampilan. Padahal di dalamnya ada suatu nilai yang mungkin gk akan didapat orang umumnya. Ada movement yang bisa kita ikut dalam pergerakannya, ada subculture yang menurut gue sangat keren dibandingkan dengan mereka yang terlalu mengikuti budaya yang seragam lah (menurut gue ya). Dan vibes yang buat lo bisa kenal dan tau orang orang yang sefrekuensi dengan lo dan masih banyak lagi lah yang baik yang masih bisa diambil, daripada omongan nyinyir negatif orang yang gk tau apa apa.

FUCK YOU!!! buat orang orang yang gk tau apa apa tentang skena bawah tanah. Toh juga mereka gk pernah berkontribusi apa apa, kok semau mau jidat aja huft!!. Mungkin ini juga yang menjadi dilema buat para penikmat gigs underground untuk dateng ke acara acara bawah tanah, takut mendapat nyinyiran negatif dari orang orang yang tidak paham, dan berpikiran "Daripada diceng cengin temen, lebih baik gue dirumah aja, atau ngopi dikedai nan syahdu dengerin lagu lagu pop bertema senja senja" haaaaaa......
Saran gue sih buat yang malu malu dan takut dinyinyir teman teman tongkrongan lo, buat apa lo malu, toh ini juga tidak merugikan mereka yang nyinyir, takut dibilang aneh atau apalah itu, biarin aja jangan hiraukan. Percuma lo cuma nikmatin lewat video atau nonton di youtube, tapi lo gk ada andil dalam skena, percuma lo ada ide buat skena tapi akhirnya cuma jadi khyalan lo aja. Masih banyak skena lokal yang butuh orang orang yang masih malu buat muncul ke permukaan, masih banyak penggiat seni bawah tanah yang butuh support , bukan butuh nyinyiran yaa!!!
Buat mereka yang terus menjudge buruk citra skena bawah tanah, cobalah berbuat yang lebih baik dan buktiin kalo emang kalian lebih baik daripada kami yang ada di skena bawah tanah/lokal ini, okeeee!!! 
Riot!!!!






SOURCH PHOTO                : Dokumentasi Pribadi