Type something and hit enter

author photo
By On



Selama tahun 2018 ini banyak musisi lokal/nasional baik independent dan major label yang merilis album album teranyar mereka, tapi pasti gk semua sesuai dengan selera dan kuping lo (jangan maksain selera ya brok). Ya mungkin karena kuping ini sudah terlatih dengan yang bising bising nan agresif jadi ya gitu yang menurut gue aja sih ya ada 5 rilisan album yang cukup buat memenuhi hasrat rohani dan jasmani gue dalam beraktifitas. Bukan berarti gue anti terhadap genre genre yang melankolis atau yang sendu sendu nan senja hahaha, tapi menurut gue 5 band yang gue rangkum ini hampir 90% menjadi playlist gue di spotify dan buat yang belum tau atau belum denger dari rilisan band band ini, gue rekomendasiin buat kalian buat menyimak album album mereka...

1. KAVALERI

Ini yang pertama dan gue bener bener excited ketika kawan SMA lo yang mengejar ilmu sampai di ISI Yogyakarta seperti menemukan jati dirinya disana. Dari SMA Bagas (gitaris) memang cukup lalu lalang lah di dunia perskenaan Bandar Lampung, mulai dari band SKA yang bernama GRANDPA WILLCOME sampai band HARDCORE/PUNK bernama THUGS BLOOD sudah dicicip dan bisa dibilang sih belum berhasil lah soalnya pada hilang tanpa jejak semua sih hahaha.. 
Ketika di Yogyakarta gue pantau dan gue ikutin di instagram dia buat band bernama KAVALERI. Mulai dari spoiler rekaman band dan gue tagihin minta nyolong start buat dengerin materinya, dengan kekeh dia gk pernah mau kasih dikit materinya hmmm.. Denger kabar tau tau mau release split album dengan band asal Yogyakarta juga bernama Marsmolys. Split album yang berjudul SPLITUAL yang berisi 3 lagu dari KAVALERI dan 3 lagu dari Marsmolys.. keren!



    


Band yang digawangi oleh Bagas (gitar), Arda (vokal), Reza (gitar), Putud (bass), dan Iqhsal (drum) mengunsung aliran Heavy Rock/Metal/stoner dengan riff gitar yang gk umum pada band band stoner lainnya. Band ini pun menelurkan 3 lagu dan bahaya semua beneran bahaya, andelan gue sih yang judulnya Mampus Kau Dikoyak-koyak Seni. (Kavalerionbandcamp /  kavaleri on spotify )


Dan kerennya lagi denger cerita dari sang gitaris, mereka akan membuat sekuel dari video music lagu mereka dan cerita semuanya berkesinambungan ditambah dengan artwork dan kemasan yang mengandung unsur demit demit lokal gitu lah hahaha, penasaran ini cuma split album aja seakan akan sudah sangat matang dan terkonsep, apa lagi full album nya brook?? oh iya katanya di package albumnya ada jimat nya loh .....





Kunjungi kanal media sosial merekaINSTAGRAM // BANDCAMP // SPOTIFY


2. SERINGAI




Salah satu rilisan yang banyak ditunggu tunggu terutama buat para SERIGALA MILITIA. Setelah album yang bertajuk TARING yang memiliki selang waktu cukup lama dari album anyar mereka yang bertajuk SEPERTI API cukup membuat klimaks para penggemar mereka, ya apa lagi dengan spoiler proses workshop recording mereka di instastory cukup membuat bertanya tanya bagaimana hasil akhirnya, apalagi SERINGAI menggaet beberapa musisi lokal ternama seperti Danilla Riyadi.. 

Memang dari album High Octane Rock sampai ke album Seperti Api selalu terjadi perkembangan kualitas musik mereka.. kerasa makin tebel aja itu distorsinya Ricky (gitar) dan masih dengan riff gitar, bass si Sammy yang makin kacaw deh, dan ketukan drum yang menjadi ciri khas Seringai itu sendiri.. Keren lah, tapi tetep lagu andelan gue di album Seperti Api ini di track terakhir Omong Kosong.. bener bener padet dan dapet banget ini isi lagunya, bayangin lagi nonton Seringai sambil mengepal tangan keatas dan teriak Omooong Kosooongg!!!! (Seringai On Spotify), dan masih Seringai selalu menggunakan Bahasa Indonesia dalam lirik lagu lagu mereka dan tetap menyisipkan kata kata satir yang gk umum....

Yang bikin gue kagum sama band yang cukup memikirkan matang matang dari sisi kualitas musik, tapi sisi artwork album yang cukup lugas menandakan sekali ini memang identitas SERINGAI dan sudah pakem tidak bisa diganggu gugat lagi oleh band lain, Arian memang bisa banget mevisualkan cover album Seperti Api ini, seakan akan album ini penuh amarah dan semangat yang berlebih. Oh iya satu lagi yang menjadi nilai plus dari album ini mereka juga merilis 2 music video yaitu SELAMANYA dan ADRENALIN MERUSUH.. Kayaknya bener bener total kali ini mereka, bahkan di clip Adrenalin Merusuh mereka kolaborasi juga tih sama aktor bahaya IKKO UWAIS, seneng konsepnya bener bener pesta pora banget. salute!!! dan juga clip Selamanya juga sukses mendapat penghargaan di AMI AWARDS.








Kunjungi kanal media sosial mereka : INSTAGRAM // SPOTIFY // YOUTUBE


3. SATURDAY NIGHT KARAOKE





Waaaah yang ini bener bener gue rekomendasiin buat kalian yang suka banget dengan THE RAMONES, GREEN DAY, bener bener Punk Rock tiga kunci, simple but fun.. enak buat nemenin lo jalan ke kampus atau ke kantor, bisa buat lo headbanging tipis diatas motor dan bener bener sing along bangeettt.. Pogoable banget ini track track di album anyar mereka yang bertajuk PROFESSIONAL GOOFBALLS yang dirilis pada tanggal 19 Agustus 2018 yang dirilis 3 label sekaligus yaitu Anoa Records ( Indonesia), Monster Zero Records ( Eropa ) , dan Waterslide Records ( Jepang ).. kereen gak sih? keren yaa hahaha..

Band yang digawangi oleh Prabu (vokal + gitar), Andresa Nugraha (bass + backing vokal), Athif Aiman (drum) yang berasal dari Bandung ini juga sudah pernah mengadakan rangkaian tur ke negeri Sakura Jepang dan pantes aja Record Label Jepang mau rilis album mereka, memang nuansanya lagu di album terbaru mereka ini bener bener fresh banget di garis genre Pop Punk yang belakangan malah terlalu cengeng tapi dipaksa ada unsur hardcore/easycore atau apalah dan bener bener bosan sih denger yang begituan, dan SNK hadir dengan nuansa yang apa adanya, dengan lirik lirik yang simple dari kehidupan sehari hari, penuh curhatan nan bersahaja deh..



Favorit gue nih di album PROFESSIONAL GOOFBALLS ini lagu berjudul Lamar dan Bertemu, it's so fuckin simple tapi nadanya akan selalu terngiang ngiang, oh iyaa di lagu yang berjudul Bertemu mereka medley dengan mengcover lagu dari SENDAL JEPIT yang judulnya Nina.. dengerin daah ini enak!! (Bertemu on spotify Saturday Night Karaoke)







Kunjungi kanal media sosial mereka : INSTAGRAM // SPOTIFY // BANDCAMP


4. TOTAL JERKS




Yang ini sih gue ga bisa ngomong banyak banyak.. jangan pernah kasih denger lagu lagu dari TOTAL JERKS ke kuping anak anak indie (katanya) yang berlaga laga pop culture atau folky nan jazzy, karena mereka bakal bilang : "lagu apa sih ini ga jelas banget sih jerit jerit ga beraturan".. Yapss emang TOTAL JERKS bisa membawa para kaum penyembah BLACK FLAG, OFF, DEAD KENNEDYS, MINOR THREAT, etc.. mengembalikan suasana Hardcore/punk pada era tahun 1970/80 an , Raw Power banget, seperti berdistorsi tapi seperti clean dan enak banget buat lo yang pengen teriak teriak ga beraturan sambil meluapkan emosi, cocok nih dengerin makannya!!

Album Total Jerks yang bertajuk FEAR ini berisi 10 track yang dirilis tanggal 15 Oktober 2018 yang dirilis oleh Disaster Record, udah gak usah diraguin lagi kalo rilisannya Disaster Record sudah terbukti vibes nya kental dengan nuansa kegelapan hahaha... salute. Oh iya kalo gak salah juga Total Jerks pernah buat split album dengan unit punk yang gak jauh beda dengan mereka yaitu taRRkam.

Lagu andelan gue di album Fear ini dengan judul Tanpa Henti (Tanpa Henti on bandcamp Total Jerks) , enak aja buat sing along di gigs kecil sambil teriak teriak rebutan microphone, dan Sudah Gila (Sudah Gila on bandcamp Total Jerks). Durasi dari lagu ke lagu gak ada yang sampe 2 menit ya this is hardcore punk, jangan kesel juga kalo banyak nada nada gitar yang keseleo parah hahaha.. so far so good sih buat yang demen dan yang gak demen ga maksa juga buat denger (asal jangan menghina yee)




Kunjungi kanal media sosial mereka : INSTAGRAM // BANDCAMP 



5. SUPERMAN IS DEAD


Yaa agak nyimpang nih ke Major Label tapi semangatnya masih muda (katanya) nyatanya auranya masih rada rada mirip dengan album Sunset Di Tanah Anarki, tapi entah kenapa gue emang udah jatuh cinta banget sama ini band sejak album Bad Bad Bad dengan track TV BRAIN yang bener bener masih Raw dan kental sekali Punk Rocknya. Gak kerasa udah 9 album (plus album indie nya) dan memang kalo yang ngikutin perkembangan dari SID sendiri terjadi perubahan drastis dari sisi kualitas musik sejak album Black Market Love, yang sudah memasukan beberapa unsur alat musik seperti violin piano dan masih terasa fine aja dengan kemasan mereka yang mulai dewasa dan masih sangat terasa nuansa dari Bad Religion, Green Day, The Living End, Social Distortion etc.. dan juga dari album Kuta Rock City sampai Angels and Outsider penulisan lirik yang masih sangat lugas dan bisa dibilang 80% berbahasa Inggris (belum ada tuh kata kata senja, durjana, samudera) hahaha...

Serasa mengobati rasa kekecewaan album SID yang Sunset Di Tanah Anarki yang memang ditujukan dengan movement isu isu sosial-politik dan seakan penat dengan SID yang rasa rasanya sudah terlalu serius dan rindu dengan lagu lagu dengan nuansa pesta, vodka, pelacur, hangover, rock and roll life. Dibarengi dengan JRX VS Via Vallen dan lahirnya album Tiga Perompak Senja yang seakan akan menjadi gimmick murahan (tapi SID gk kyk gitu kok) lahir dengan membawa nuansa album album di masa kenakalan trio punk asal Bali ini. Yang kerasa banget sih lagu di album baru ini berjudul Puisi Cinta Para Perompak yang ada bagian yang kerasa banget dengan lagu Runaway Stripper di album Kuta Rock City (Tiga Perompak Senja on Spotify SID). 

Di album terbarunya SID ini menelurkan 11 lagu dan juga album terakhirnya bersama label yang sudah menaungi mereka dari tahun 2003 Sony Music Entertainment, dan ada beberapa track yang gue suka yaitu Company Misery dan Aku Persepsi. Dan memang harus diakui mereka bukan seperti dulu lagi (gilanya), terasa tempo dan gaya nanyi si Bobby Kool tidak selantang dulu, dan ketukan Jrx yang sudah mulai monoton, dan Eka Rock yang agak berbeda nih, mungkin karena suaranya bass nya terasa lebih tebal dari pada album sebelumnya.





Kunjungi kanal media sosial mereka : INSTAGRAM // SPOTIFY // YOUTUBE


Yaa segitu aja dari gue kalo ada yang suka ya boleh di dengerin karya karya mereka, share ke teman teman lain, kalo ada yang kurang setuju dengan list yang gue buat ya monggo buat juga sendiri, asal ojo keos ya brok, biar barokah! riot!





SOURCH PHOTO                : instagram